Pembelajaran guru tamu industri berbasis proyek yang dilaksanakan di SMKN 1 Pringgabaya oleh PT. Inovasi Teknologi Desa mencerminkan inisiatif berharga dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasional dan menghubungkan siswa dengan realitas industri. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan relevan dengan dunia kerja di bidang teknologi desa.
Guru tamu industri dari PT. Inovasi Teknologi Desa membawa ke dalam kelas pemahaman mendalam tentang tren terkini, tantangan, dan inovasi di industri teknologi desa. Mereka membawa pengalaman langsung dari lapangan kerja, membagikan wawasan tentang kebutuhan industri, serta menyoroti keterampilan dan pengetahuan khusus yang dicari oleh perusahaan di sektor tersebut. Selama sesi pembelajaran berbasis proyek, siswa tidak hanya mendengarkan teori, tetapi juga terlibat dalam proyek praktis yang relevan dengan konteks pekerjaan di industri teknologi desa. Proyek-proyek ini dirancang untuk menciptakan simulasi lingkungan kerja yang mirip dengan situasi di lapangan. Siswa diberi kesempatan untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam konteks nyata, memperkuat pemahaman mereka dan mengasah keterampilan praktis.
Selain itu, pembelajaran ini juga memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan para profesional industri, bertanya, dan memperluas jaringan mereka. Guru tamu industri tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai mento r dan sumber inspirasi bagi siswa. Interaksi ini memberikan wawasan yang berharga tentang berbagai jalur karir di industri teknologi desa dan membantu siswa memahami bagaimana pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dapat diterapkan dalam konteks pekerjaan yang sebenarnya. Program pembelajaran guru tamu industri berbasis proyek dari PT. Inovasi Teknologi Desa di SMKN 1 Pringgabaya bertujuan untuk menciptakan lulusan yang tidak hanya memiliki dasar pengetahuan yang kuat, tetapi juga keterampilan praktis yang relevan dan dapat diterapkan di dunia kerja. Dengan demikian, inisiatif ini berkontribusi secara signifikan pada persiapan siswa untuk memasuki dunia industri teknologi desa dengan kepercayaan diri dan keunggulan kompetitif.